Rabu, 30 November 2011

Program Sinergi Pemberdayaan Ekonomi

Program Sinergi Pemberdayaan Ekonomi (ProSPEK), merupakan program pemberdayaan ekonomi usaha kecil melalui manajemen kelompok. Prospek mengemban visi untuk menjadikan PKPU sebagai lembaga yang tanggap dalam memberdayakan masyarakat menuju kemandirian ekonomi ummat berbasis masyarakat.


Dengan adanya visi ini PKPU di tuntut untuk memberdayakan masyarakat dengan pembentukan kelompok. Anggota masyarakat dibentuk kedalam Kelompok Usaha Masyarakat Mandiri (KUMM). Anggota masyarakat yang telah dibentuk ke dalam kelompok pemberdayaan KUMM selanjutnya akan dibekali dengan pelatihan usaha, pengelolaan organisasi, serta pembinaan spiritual guna meningkatkan kapasitas anggota kelompok dalam menjalankan usaha ekonomi.

Tujuan dibentuknya kelompok sendiri adalah untuk menimbulkan dinamika kelompok yang akan memicu partisipasi aktif para anggotanya serta meningkatkan kemampuan komunitas dalam mengelola dana bergulir yang telah disalurkan untuk terus dikembangkan menjadi lebih besar dan mempunyai manfaat kepada masyarakat yang lebih luas.

Sasaran yang ingin dicapai adalah bagi anggota kelompok dapat menciptakan ruang untuk berwiraswasta yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan pendapatan mereka dan juga memberikan pemahaman pada masyarakat tentang nilai kerjasama dalam usaha.

Tujuan pendampingan kelompok sendiri adalah untuk meningkatkan kapasitas para anggota untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih maju. selain itu pendampingan kelompok juga bertujuan untuk memandirikan kelompok dalam berwiraswasta.

Berikut Bagan Pembentukan KUMM:


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India